Mendemonstrasikan Puisi

Seorang pembaca puisi yang bagus mampu menjiwai puisi yang dibacakan dengan baik. Hal ini akan membuat pendengar bisa mengenali suasana dalam isi puisi.

Pada bagian ini kalian akan belajar membacakan puisi dengan baik.

Beberapa hal yang harus perhatikan dalam.membaca puisi:

A. Rima dan irama, tidak bisa dibaca terlalu cepat atau terlalu lambat.

B. Artikulasi atau kejelasan suara, artinya kami dapat menentukan, kecuali dengan mengucapkan huruf-huruf vokal / a /, / i /, / u /, / e /, / o /, / ai /, / au /.

C. Ekspresi mimik wajah, tidak menyebutkan wajah kita harus bisa disesuaikan dengan isi puisi.

C.Tata bernapas, tidak ada rongga yang harus diatur jangan tergesa-gesa. Agar tidak akan menuliskannya.

D. Penampilan, mentalitas atau sikap kita saat di panggung usahakan harus tenang, tak gelisah, tak gugup, berwibawa, dan meyakinkan (tidak demam panggung).
Selain hal-hal di atas, berikut tambahan:

E. Vokal. Suara yang dihasilkan harus benar. Salah satu unsur dalam vokal adalah artikulasi (kejelasan pengucapan). Kejelasan artikulasi dalam mendemonstrasikan puisi sangat perlu. Bunyi vokal seperti / a /, / i /, u /, / e /, / o /, / ai /, / au /, dan sebagainya.

F. Ekspresi adalah pengungkapan atau proses mengungkapkan yang menunjuk atau menyatakan maksud, gagasan, dan perasaan. Ekspresi mimik juga harus dilakukan, namun harus proporsional, sesuai dengan kebutuhannya.

G. Intonasi (fungsi dinamik dan tempo)
Intonasi adalah ketepatan penyajian dalam menentukan keras-lemahnya kata’kata. Intonasi terbagi menjadi dua yaitu dinamik (tekanan kata-kata yang berbeda) dan teknanan tempo (cepat lambat pengucapan
Berikut teknik-tekniknya:
A. Membaca dalam hati puisi yang berulang-ulang.Penghargaan fitur pada bagian-bagian tertentu, misalnya tanda jeda. Jeda pendek dengan tanda (/) dan jeda panjang dengan tanda (//). Penjedaan panjang diberikan pada frasa, sedang penjedaan lama diberikan pada akhir klausa atau kalimat.

B. Memahami suasana dan menghayati, tema, dan makna puisinya.Menghayati suasana, tema, dan makna puisi untuk meengekspresikan puisi yang kita baca.
Selanjutnya kita simak pembelajaran mendemonstrasikan puisi hingfa sampai pada penugasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *